Lowongan Kerja BUMN PT Kereta Api Indonesia

Kamis, 21 Maret 2013

Profil PT Kereta Api Indonesia

PT Kereta Api Indonesia (Persero) adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia ( BUMN )yang menyediakan jasa angkutan kereta api. Layanan PT Kereta Api Indonesia (Persero) meliputi angkutan penumpang dan barang. Pada akhir Maret 2007, DPR mengesahkan revisi UU No. 13/1992 yang menegaskan bahwa investor swasta maupun pemerintah daerah diberi kesempatan untuk mengelola jasa angkutan kereta api di Indonesia. Pada tanggal 14 Agustus 2008 PT Kereta Api Indonesia (Persero) melakukan pemisahan Divisi Jabotabek menjadi PT Kereta Api Commuter Jabotabek (KCJ) untuk mengelola kereta api penglaju di daerah Jakarta dan sekitarnya. selama tahun 2008 jumlah penumpang melebihi 197 juta.

Lowongan Kerja BUMN PT Kereta Api Indonesia

Kredit Gambar : kereta-api.co.id

Pemberlakuan UU Perkeretaapian No. 23/2007 secara hukum mengakhiri monopoli PT Kereta Api Indonesia (Persero) dalam mengoperasikan kereta api di Indonesia. Pada tanggal 28 September 2011, bertepatan dengan peringatan ulang tahunnya yang ke-66, KAI meluncurkan logo baru.

Sejarah

Setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dikumandangkan pada tanggal 17 Agustus 1945, karyawan perusahaan kereta api yang tergabung dalam Angkatan Moeda Kereta Api (AMKA) mengambil alih kekuasaan perkeretaapian dari Jepang. Pada tanggal 28 September 1945, pembacaan pernyataan sikap oleh Ismangil dan sejumlah anggota AMKA lainnya menegaskan bahwa mulai hari itu kekuasaan perkeretaapian berada di tangan bangsa Indonesia sehingga Jepang sudah tidak berhak untuk mencampuri urusan perkeretaapian di Indonesia. Inilah yang melandasi ditetapkannya tanggal 28 September 1945 sebagai Hari Kereta Api serta dibentuknya Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia (DKARI).

Nama DKARI kemudian diubah menjadi Perusahaan Negara Kereta Api (PNKA). Nama itu diubah lagi menjadi Perusahaan Jawatan Kereta Api (PJKA) pada tanggal 15 September 1971. Pada tanggal 2 Januari 1991, nama PJKA secara resmi diubah menjadi Perusahaan Umum Kereta Api (Perumka) dan semenjak tanggal 1 Juni 1999 diubah menjadi PT Kereta Api Indonesia (Persero) sampai sekarang.

Jalur

PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengoperasikan kereta api di wilayah provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan dan Lampung serta semua provinsi di Jawa. Jalur-jalur utama ini menghubungkan kota Medan dengan Rantauprapat, Padang dengan Pariaman, Bandar Lampung dengan Lubuklinggau dan Palembang, Jakarta dengan Surabaya melalui Semarang maupun Yogyakarta, dan Surabaya dan Malang dan Banyuwangi.

Panjang keseluruhan jalur kereta api di Indonesia adalah 7583 kilometer. Lebih dari 2500 kilometer jalur telah ditutup, sebagian besarnya adalah jalur cabang yang dianggap tidak menguntungkan bila tetap dipergunakan. Pada saat ini (2008) Departemen Perhubungan sedang melakukan pembangunan jalur ganda di Pulau Jawa, yang diharapkan akan selesai pada tahun 2025. Jalur yang sudah diselesaikan adalah Jakarta-Cirebon, Cikampek-Purwakarta, Kutoarjo-Surakarta dan Tegal-Brebes. Pada saat ini jalur Brebes-Pemalang, Kutoarjo-Kroya dan Kroya-Prupuk sedang dikerjakan.

Layanan

PT Kereta Api Indonesia (Persero) memberikan layanan kereta api penumpang dan barang. Hampir semua jalur yang beroperasi memiliki layanan angkutan kereta api penumpang yang dijalankan secara teratur.

Kereta penumpang
Kapasitas angkut penumpang yang disediakan PT Kereta Api Indonesia (Persero) di Jawa dan Sumatera adalah sebanyak 106.638 tempat duduk per hari dengan rasio kelas eksekutif (15%), bisnis (27%), dan ekonomi (59%). Bila tempat duduk dikaitkan dengan jarak tempuh, maka total kapasitas melambung menjadi sebanyak 41.528.450 tempat duduk per kilometer per hari dengan rasio kelas eksekutif (17%), kelas bisnis (25%), dan kelas ekonomi (58%).

Kelas Argo
Kereta Go Green yang sering dipakai Argo Bromo Anggrek sekarang. Kelas Argo adalah kelas layanan tertinggi PT Kereta Api Indonesia (Persero), yaitu dengan kereta penumpang berkapasitas 50/52 orang per kereta. Layanan yang disediakan adalah tempat duduk yang bisa diatur, pendingin udara, hiburan audio visual dan layanan makanan.

Rangkaian kereta api jenis ini mulai diluncurkan pada tanggal 31 Juli 1995 untuk memperingati 50 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Pada awalnya hanya dua kereta api yang dioperasikan, yaitu Argo Bromo yang melayani rute Gambir–Surabaya Pasar Turi dan Argo Gede yang melayani rute Gambir–Bandung. Saat ini, kereta api Argo Bromo telah digantikan dengan Argo Bromo Anggrek dan KA Argo Gede juga telah diberhentikan pengoprasiannya.

Kereta api Lokal
Tarif kereta api kelas ekonomi ditetapkan oleh pemerintah sehingga secara keseluruhan biaya operasi tidak dapat ditutup dengan tarif yang dikenakan kepada masyarakat. Sampai saat ini, PT Kereta Api Indonesia (Persero) melakukan subsidi silang dari pendapatan rangkaian kereta api kelas Argo dan kelas satu pada kelas ekonomi

Komuter
Komuter adalah kereta api yang beroperasi dalam jarak dekat, menghubungkan kota besar dengan kota-kota kecil di sekitarnya atau dua kota yang berdekatan. Penumpang kereta ini kebanyakan adalah para penglaju bermobilitas tinggi yang pulang-pergi dalam sehari, misalnya ke tempat kerja atau sekolah. Tidak mengherankan apabila frekuensi perjalanan komuter termasuk tinggi dan jumlah penumpangnya juga paling banyak dibanding kereta jenis lainnya.

Di Indonesia, jaringan komuter masih menjadi satu dengan kereta api jarak jauh, bahkan kebanyakan rangkaian kereta apinya juga diambil dari bekas kereta api jarak jauh. Walaupun demikian, pemerintah saat ini sedang mempersiapkan pembangunan jaringan kereta api komuter yang lebih canggih, seperti monorel, kereta bawah tanah, maupun Mass Rapid Transit (MRT) yang rencananya akan dibangun di Jakarta dan Surabaya.

Kereta Wisata
Salah satu rangkaian kereta api wisata yang dioperasikan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero). PT Kereta Api Indonesia (Persero) juga menyediakan layanan kereta wisata yang tarifnya disesuaikan dengan harga tiket tertinggi pada kereta yang dirangkaikan dengan kereta wisata tersebut. Gerbong kereta wisata diberi nama Nusantara, Bali, dan Toraja. Selain itu, di Ambarawa tersedia pula kereta wisata dengan lokomotif uap bergigi. Di Solo, kereta wisata Punokawan jurusan Purwosari–Wonogiri menelusuri jalan Slamet Riyadi di Kota Solo. Adapun di Sumatera Selatan, tersedia kereta wisata yang diberi nama Kereta Sultan, sedangkan di Sumatera Barat tersedia pula kereta wisata yang bertujuan ke Lembah Anai dan Pantai Pariaman.

Kereta barang
Khusus di Pulau Jawa, pemasaran angkutan barang semula kurang diminati pasar karena dalam perjalanan kalah prioritas dengan kereta penumpang. Akan tetapi, sejalan dengan perkembangan terakhir yang sudah melalui tahapan modernisasi sarana angkutan barang, telah dimungkinkan hadirnya kereta barang dengan kecepatan yang tidak jauh berbeda dengan kereta penumpang sehingga perjalanannya jauh lebih lancar. Layanan kereta barang yang dilayani saat ini sudah ada beberapa macam seperti kereta pengangkut container, kereta pengangkut batu bara, kereta pengangkut semen dan sebagainya. Untuk mengoptimalkan layanan kereta berbasis barang pada saat ini PT Kereta Api Indonesia (Persero) membuat anak perusahaan yang bernama PT. Kereta Api Logistik (KALOG) yang fungsi utamanya adalah untuk melayani dan mengoperasionalkan layanan barang berbasis kereta api.

Baja Satwa
Kereta barang Baja Satwa dikhususkan untuk mengangkut barang yang melayani rute Jakarta Kampung Bandan-Surabaya Pasar Turi. Barang yang diangkut kebanyakan berupa peti kemas yang jenis komoditas angkutannya tidak terbatas. Sayangnya, saat ini Stasiun Kampung Bandan sudah tidak aktif lagi.

Kereta barang cepat
Koridor layanannya sama dengan kereta api Antaboga, yaitu Jakarta-Surabaya Pasar Turi, tetapi sarana yang digunakan berupa gerbong tertutup. Komoditas yang dapat diangkut juga bermacam-macam, sesuai dengan keadaan pasar.

Sumber : Wikipedia

Lowongan Kerja BUMN PT Kereta Api Indonesia

PT KAI mengadakan Jobfair Tunggal di Universitas Tarumanagara pada hari Jumat, tanggal 22 Maret 2013, pukul 15.00 s/d selesai di Gedung Fakultas Ekonomi Kampus 2 Jl. Tanjung Duren No. 1, Jakarta Barat. Jobfair tersebut terbuka untuk umum. Kebutuhan dan kualifikasi sebagai berikut :

Kriteria pelamar :

  1. Usia Tingkat Sarjana (S1) : 35 tahun pada saat melamar, Tingkat Diploma (D3) : 30 tahun pada saat melamar
  2. IPK minimal 2,95
  3. Tinggi /berat badan Wanita : 155 cm (khusus untuk customer service minimal 160 cm), Pria : 160 cm (khusus untuk customer service minimal 170 cm), Dengan berat badan seimbang/ideal.
  4. Berbadan sehat dan tidak buta warna.
  5. Berkelakuan baik
  6. Tidak pernah terlibat narkoba dan atau psikotropika.
  7. Tidak bertato
  8. Khusus pria tidak bertindik
  9. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah PT. KERETA API INDONESIA (Persero).

Persyaratan khusus :

  • Akuntansi (S1) : Diutamakan memiliki sertifikat register akuntan (lulus ppak)
  • Akuntansi (D3) : Diutamakan memiliki brevet A dan B
  • Kedokteran Umum : Memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) dari Konsil Kedok-teran Indonesia.

Persyaratan Umum
Surat Lamaran ditanda tangani dengan melampirkan :

  • Fotocopy Ijazah terakhir yang telah dilegalisir
  • Fotocopy Transkrip nilai yang telah dilegalisir
  • Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku
  • Pas foto berwarna terbaru ukuran 4×6 cm sebanyak 4 (empat) lembar (ditulis nama di bagian belakang)
  • Fotocopy sertifikat akreditasi jurusan pada tanggal kelulusan dari BAN PT dan dilegalisir oleh universitas/fakultas
  1. S1 : Minimal Akreditasi Jurusan A
  2. D3 Universitas Negeri : Minimal Akreditasi Jurusan B
  3. D3 Universitas Swasta : Minimal Akreditasi Jurusan A
  • Curiculum Vitae (form telah disediakan)
  • Khusus untuk customer service :
  1. Fotocopy sertifikat bahasa asing
  2. Surat Keterangan Belum menikah dari Kelurahan

Prosedur melamar

  1. Peserta mengisi Curiculum Vitae pada saat diselenggarakan Job Fair di Universitas Tarumanagara pada hari Jumat, 22 Maret 2013
  2. Pelamar yang memenuhi syarat administrasi berdasarkan Curiculum Vitae (CV) yang telah diisi akan diberitahukan melalui email/SMS/website : http://rekrut.kereta-api.co.id

Tahapan seleksi

  • Tahap I : Seleksi Administrasi
  • Tahap II : Tes Kesehatan Fisik
  • Tahap III : Tes Psikologi
  • Tahap IV : Wawancara
  • Tahap V : Tes Kesehatan Laboratorium

Pendidikan yang dibutuhkan

  1. Teknik Mesin Konstruksi
  2. Teknik Mesin
  3. Teknik Sipil
  4. Teknik Arsitektur
  5. Teknik Transportasi
  6. Teknik Lingkungan/Sipil Lingkungan
  7. Teknik Elektro
  8. Teknik Listrik/Daya
  9. Teknik Industri
  10. Teknik Telekomunikasi
  11. Teknik Geodesi
  12. Teknik Informatika
  13. Ilmu Komputer
  14. Akuntansi
  15. Manajemen
  16. Kedokteran Umum
  17. Hukum
  18. Psikologi
  19. Psikolog
  20. Ilmu Komunikasi
  21. Jurnalistik
  22. Kehumasan/Public Relation
  23. Pariwisata
  24. Logistik
  25. Perhotelan
  26. Apoteker
  27. Sastra Inggris
  28. Public Relation
  29. Kurikulum dan Pendidikan
  30. Desain Komunikasi Visual
  1. Teknik Mesin
  2. Teknik Sipil
  3. Teknik Arsitek
  4. Teknik Elektro
  5. Teknik Elektronika
  6. Listrik/Daya
  7. Telekomunikasi
  8. Informatika/kom
  9. Desain Grafis/Visual/Produk
  10. Akuntansi
  11. Manajemen
  12. Statistik
  13. Administrasi
  14. Perpajakan
  15. Logistik
  16. STTD Perkeretaapian
  17. Keperawatan
  18. Ilmu Informasi dan Perpustakaan
  19. Sastra Indonesia
  20. Sekretaris Niaga/Administrasi Niaga
  21. Kesekretariatan
  22. Public Relation
  23. Desain Interior

Catatan :
Khusus untuk pekerjaan Customer Service/Hospitality dibutuhkan D3 dari seluruh jurusan/program studi, dengan ketentuan :

  • Mampu berbahasa asing
  • Diutamakan yang memiliki pengalaman sebagai Customer Service
  • Berpenampilan menarik
  • Belum menikah

Jika Anda tertarik dan memenuhi persyaratan diatas, silahkan mengisi Curiculum Vitae pada saat diselenggarakan Job Fair di Universitas Tarumanagara pada hari Jumat, 22 Maret 2013. Untuk info lebih lengkap silahkan lihat di website resmi PT KAI melalui link di bawah ini >>
Sumber resmi

tags: , , , , ,

Admin 20 Mar, 2013


-
Source: http://indojobhunter.com/lowongan-kerja-bumn-pt-kereta-api-indonesia.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Leave a Reply

Diberdayakan oleh Blogger.